• Ayoconnect

Sesi CFO Ayoconnect di Webinar Kisel Group

Jumat, 20 Agustus 2021, CFO Ayoconnect, Alex Jatra, berpartisipasi sebagai pembicara di webinar yang diselenggarakan oleh Kisel Group.



Kisel Group didirikan pada tahun 1996 sebagai koperasi yang menunjang kebutuhan internal Telkomsel. Kini, Kisel Group telah menjadi penyedia infrastruktur untuk layanan telekomunikasi, layanan umum, dan saluran distribusi yang beroperasi di 54 kantor di seluruh Indonesia. Seri webinar Kopi Gelas merupakan salah satu program employee development yang dilaksanakan mingguan untuk karyawan Kisel Group.


Sesi webinar yang dipimpin oleh Alex diikuti oleh setidaknya 100 karyawan Kisel Group yang bersemangat untuk mengasah ketajaman bisnisnya. Dalam rangka memperingati hari UMKM nasional, sesi ini membahas bagaimana teknologi API dapat mendorong pertumbuhan UMKM.


Alex mengatakan, “Pandemi menyebabkan UMKM di Indonesia dihadapkan pada tiga kendala utama, yaitu kesulitan memperoleh bahan baku, menurunnya permintaan pasar akibat penurunan konsumsi rumah tangga, hingga terhambatnya proses distribusi produk. Ketiga masalah tersebut berujung pada turunnya pendapatan pelaku UMKM, berkurangnya margin keuntungan, dan pengurangan karyawan.”


Teknologi API produk digital memiliki potensi besar untuk membantu UMKM Indonesia menghadapi tantangan-tantangan tersebut. Riset yang dilakukan oleh McKinsey & Company menyatakan bahwa pandemi tidak memengaruhi permintaan masyarakat terhadap produk digital. Bagi pelaku UMKM, menjual produk digital memiliki beberapa keunggulan seperti tidak membutuhkan modal besar, permintaan yang konsisten, dan kemudahan mengakses produk yang tidak terpengaruh pembatasan mobilitas selama pandemi.


Solusi berbasis API milik Ayoconnect membangun infrastruktur yang menghubungkan berbagai penyedia tagihan dan mitra pembayaran.


“Dengan infrastruktur teknologi yang mengintegrasikan seluruh ekosistem, solusi berbasis API menawarkan potensi yang dapat mempercepat transformasi digital dan inklusi keuangan Indonesia. Kami berharap solusi berbasis API Ayoconnect dapat membantu pertumbuhan ekonomi UMKM Indonesia,” jelas Alex.

Direktur Niaga Kisel Group, Bapak Muhammad Asrullah, turut menyampaikan apresiasinya terhadap Ayoconnect.


"Ayoconnect memiliki lini bisnis berbeda yang berpotensi menjadi pendorong utama pertumbuhan bisnis digital di masa depan. Kami merasa beruntung bisa berkolaborasi dengan Ayoconnect," ujar Bapak Asrul.



Ayoconnect adalah platform API terbesar di Indonesia. Ayoconnect memungkinkan developer untuk memilih berbagai produk white-label finansial di platform API Ayoconnect dan meluncurkannya dengan cepat ke pengguna. Ayoconnect berada di latar belakang sepanjang proses ini berlangsung untuk berfokus pada pembangunan dan pengoperasian infrastruktur, seraya memfasilitasi klien untuk memonetisasi dan memperluas bisnis dengan cepat dan masif.


Sejak didirikan pada tahun 2016, kumpulan API Ayoconnect telah diadopsi oleh lebih dari 1.000 perusahaan ternama di Indonesia, termasuk perusahaan bank, ritel, e-commerce, tekfin, dan dompet digital seperti Bank Mandiri, DANA, Indomaret, dan Bukalapak. Saat ini, API Ayoconnect memproses lebih dari 500 juta klik API setiap tahunnya.


Ingin menjadi bagian dari perusahaan jarak jauh global Ayoconnect? Kunjungi laman karir kami di ayoconnect.id/career untuk melihat posisi yang tersedia!