• Ayoconnect

Mengenal Lebih Dekat Pajak Pulsa dan Voucer, Apa Implikasinya Bagi Bisnis Anda?

Diperbarui: Mar 3

Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 6/PMK.03/2021 tentang Penghitungan dan Pemungutan Pajak Pertambahan Nilai serta Pajak Penghasilan atas Penyerahan atau Penghasilan Sehubungan dengan Penjualan Pulsa, Kartu Perdana, Token, dan Voucer merupakan salah satu peraturan yang baru berlaku di awal tahun 2021.




Apa saja dampak dari PMK ini terhadap pelaku bisnis bill aggregator, fintech, e-commerce, dan pengecer? Apakah kenaikan harga jual pulsa dan voucer bagi pelanggan bisa betul-betul dihindari? Bagaimana contoh perhitungan pajak penambahan nilai dan pajak penghasilan berdasarkan PMK ini?


Ayoconnect merupakan perusahaan teknologi finansial yang menyediakan solusi pembayaran tagihan bagi bisnis lainnya di Indonesia. Melalui jaringan API Open Bill Network yang dibangunnya, Ayoconnect menghubungkan lebih dari 900 perusahaan penyedia tagihan dengan 70 platform B2C untuk mengakses 3.000 produk digital dari 24 kategori, termasuk di antaranya pulsa prabayar, token listrik, voucer game, dan masih banyak lainnya. Kehadiran PMK No. 6 Tahun 2021 tentunya akan berdampak terhadap alur bisnis Ayoconnect beserta puluhan perusahaan rekan Ayoconnect.


Guna menjawab beberapa pertanyaan seputar PMK No. 6 Tahun 2021 yang dimiliki rekan-rekan pelaku industri pembayaran tagihan di Indonesia, Ayoconnect berinisiatif menyelenggarakan sebuah diskusi publik. Diskusi yang dilaksanakan pada hari Senin, 1 Maret 2021 secara daring ini dipandu oleh Alexander Jatra, CFO Ayoconnect, dengan Deril Friansyah, Accounting & Tax Manager Ayoconnect, sebagai narasumber utama. Head of Public Policy Indonesia E-Commerce Association, Rofi Uddarojat, dan Tax Partner Prodigi Konsultan, Ridwan Sinarto, turut hadir sebagai panelis pada diskusi.




Sebanyak 60 peserta yang berasal dari berbagai perusahaan yang terlibat dalam rantai distribusi penjualan pulsa dan voucer turut menghadiri diskusi ini. Selama 90 menit, narasumber dan panelis saling berbagi pandangan mengenai latar belakang dibuatnya peraturan, contoh implementasi perhitungan di lapangan, serta dampak yang diperkirakan akan terjadi pada industri, pengecer, serta pelanggan pulsa dan voucer di masa mendatang.


“PMK 6 2021 memberikan penegasan dan pengaturan yang lebih detil untuk transaksi di lapangan sehingga memperkecil potensi pengenaan PPN berganda atas distribusi voucer konten. Kebijakan ini diterbitkan dengan tujuan menyederhanakan administrasi dan mekanisme pemungutan Pajak Pertambahan Nilai atas transaksi pulsa,” ungkap Deril Friansyah, Accounting & Tax Manager Ayoconnect.


Ridwan Sinarto dari Prodigi Konsultan menambahkan, “Berdasarkan PMK 6 2021, distributor yang melakukan pemungutan PPn adalah distributor yang berada di Tingkat 2. Oleh karena itu, distributor Tingkat 3 tidak perlu memungut PPn. Hal ini mempermudah distributor tingkat 3 dan seterusnya yang mayoritas merupakan pedagang pengecer karena tidak perlu melakukan administrasi PPN,” jelas Ridwan lebih lanjut.


Head of Public Policy Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Rofi Uddarojat memberikan tanggapannya mengenai pentingnya evaluasi berkala dari pemerintah terhadap dampak kebijakan ini. “Pulsa dan paket data merupakan salah satu faktor pendorong digitalisasi. Sebagai contoh, beberapa perusahaan anggota idEA tengah meluncurkan layanan digitalisasi warung di mana produk virtual seperti pulsa dan paket data turut didistribusikan dalam satu jaringan platform yang sama,” ungkap Rofi.


“Pemerintah perlu mengkalkulasi efek dari pemberlakuan kebijakan ini terhadap keterjangkauan dan aksesibilitas terhadap koneksi internet, utamanya bagi masyarakat berpendapatan rendah,” ungkap Rofi.



Klik tombol di bawah untuk mengunduh materi presentasi diskusi.


Perusahaan

Industri

Ikuti Kami

  • linkedin
  • Instagram

PT. Ayopop Teknologi Indonesia

APIC Building Wahid Hasyim, Jalan Wahid Hasyim

No 154 - 156, Tanah Abang Central Jakarta - 10250

Anggota

Tersertifikasi

Siap terhubung dengan kami?

© 2021 Ayoconnect

Apa itu Ayoconnect?

Ayoconnect adalah perusahaan teknologi finansial yang membangun platform API finansial untuk mendorong perusahaan di semua sektor mengembangkan bisnis mereka melalui produk inovatif berbasis API. Didorong oleh misi untuk memajukan ekonomi digital Indonesia melalui teknologi, kami membangun solusi berbasis API untuk menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan bagi perusahaan untuk terhubung dengan layanan dan lembaga keuangan lainnya.

Ayoconnect berkomitmen untuk mengatasi tantangan kompleks dengan solusi yang relevan. Sejak 2016, Ayoconnect telah membantu lebih dari 1.000 perusahaan untuk mempercepat pertumbuhan bisnis, meningkatkan retensi pelanggan, dan mengembangkan pendapatan mereka dengan solusi berbasis teknologi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan unik setiap perusahaan.

 

Tentang Open API Ayoconnect

API (Application Programming Interface) adalah sistem komputasi yang menjembatani interaksi antara berbagai aplikasi software atau antara software dan hardware. Jaringan Open API Ayoconnect berisi sekumpulan fungsi, protokol, dan perintah yang dibutuhkan seorang programmer untuk membangun interkoneksi antar sistem yang stabil dan cepat. Pemanfaatan Open API Ayoconnect memungkinkan para penyedia jasa untuk bekerjasama dalam berinovasi membangun solusi yang saling menguntungkan pelaku bisnis dan konsumen.

Apa itu Billing APIs Ayoconnect?

Billing APIs Ayoconnect adalah sekumpulan API yang menghubungkan perusahaan penyedia tagihan (seperti PLN, PDAM, operator seluler, lembaga jasa keuangan, dan sebagainya) dan perusahaan bill aggregator dengan platform konsumen online (seperti e-commmerce, dompet digital, dan aplikasi mobile) dan offline (seperti ritel waralaba, warung, e-commerce, dompet digital, bank, dan lainnya) dalam sebuah ekosistem terpadu melalui satu integrasi. Saat ini, Billing APIs Ayoconnect terdiri dari solusi Transaction API dan Payment Point API.

Sebagai contoh, bill aggregator dan operator seluler yang berintegrasi dengan Billing APIs Ayoconnect dapat dengan mudah dan cepat mendistribusikan penjualan pulsa dan paket data mereka melalui situs e-commerce, e-wallet, warung, agen PPOB, dan jaringan minimarket di seluruh penjuru Indonesia. Hal yang sama berlaku bagi perusahaan utilitas seperti PLN dan PDAM. Melalui integrasi dengan API Ayoconnect, pelanggan listrik dan air dapat melakukan pembayaran listrik pascabayar, membeli token listrik, dan membayar tagihan air bulanan melalui channel online dan offline. Contoh lainnya, pelanggan dompet digital yang tidak memiliki rekening bank juga dapat melakukan top up saldo e-wallet favorit mereka melalui jaringan ritel offline yang sudah terhubung ke API Ayoconnect.

 

Tentang Transaction API Ayoconnect

Solusi Transaction API Ayoconnect membuka akses ke berbagai produk digital seperti pulsa, paket data, token listrik, tagihan air, top-up e-money, voucher game dan streaming, pembayaran kartu kredit, pinjaman multifinance, dan masih banyak lagi. Solusi Transaction API Ayoconnect membantu platform konsumen online dan offline membangun layanan penjualan produk pulsa, isi ulang paket data, pembayaran token PLN, pembayaran tagihan internet dan tv kabel, top up e-wallet, dan penjualan voucher game serta produk digital lainnya dengan lebih mudah dan cepat. Membangun fitur pembayaran tagihan online maupun offline akan membantu memaksimalkan keuntungan bisnis sekaligus meningkatkan kesetiaan pelanggan Anda. 

 

Untuk platform konsumen online seperti e-commerce dan aplikasi mobile, fitur pembayaran tagihan online merupakan fitur yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran tagihan, mulai dari isi pulsa, paket data, token listrik, tagihan internet dan tv kabel, tagihan air, premi asuransi, top up e-wallet, hingga pembelian voucher game kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi mobile atau situs online. 

 

Untuk platform konsumen offline seperti jaringan agen PPOB, warung, supermarket, dan minimarket, layanan pembayaran tagihan offline dipastikan akan memudahkan pelanggan Anda yang belum memiliki akses ke rekening bank atau platform online untuk melakukan pembayaran tagihan menggunakan uang kas atau saldo e-wallet.

 

Tentang Payment Point API Ayoconnect

Mayoritas penduduk Indonesia memiliki tagihan untuk dibayar setiap bulannya. Saat ini, pembayaran tagihan bisa dilakukan melalui berbagai metode online dan offline. Sebagai contoh, seorang pelanggan memiliki opsi untuk melakukan pembelian pulsa dan token listrik di kios, minimarket, hingga aplikasi digital. Kondisi di mana pelanggan memiliki berbagai pilihan kanal pembayaran tagihan dimungkinkan oleh kemajuan teknologi. Solusi Payment Point API Ayoconnect merupakan salah satu teknologi yang membantu perusahaan penyedia tagihan untuk menjangkau ratusan juta pelanggan di seluruh penjuru Indonesia melalui satu kali integrasi. 

 

Perusahaan penyedia tagihan dan bill aggregator yang terintegrasi dengan solusi Payment Point API Ayoconnect dapat mengakses jutaan kanal pembayaran online dan offline di seluruh Indonesia secara instan. Dengan solusi Payment Point API Ayoconnect, perusahaan bill aggregator maupun perusahaan penyedia tagihan seperti operator seluler, PLN, PDAM, asuransi, jasa internet dan tv kabel, penjual voucher game, asuransi, multifinansial, e-wallet, dan bankdapat dengan mudah mengakses jutaan kanal pembayaran online dan offline. Integrasi ke Payment Poing API Ayoconnect untuk memungkinkan pelanggan Anda membayar tagihan di situs e-commerce, aplikasi mobile, agen PPOB, dan ritel waralaba terkemuka di Indonesia. 

 

Tentang Bisnis PPOB di Indonesia

PPOB atau Payment Point Online Bank adalah platform keuangan berbasis keagenan untuk mengelola pembayaran berbagai jenis tagihan secara online. API Ayoconnect memungkinkan berbagai perusahaan PPOB di Indonesia untuk menyediakan jasa penjualan produk tagihan yang lengkap bagi agennya. Produk tagihan yang bisa dibayar melalui PPOB yang memanfaatkan jaringan API Ayoconnect antara lain pembelian pulsa dan paket data, tagihan internet dan tv kabel, listrik pascabayar, token listrik, tagihan air PDAM, asuransi, kartu kredit, multifinance, hingga voucher game.