• Ayoconnect

Memanfaatkan Potensi di Balik Sektor Pembayaran Tagihan di Indonesia

Dukungan inovasi teknologi memiliki peran yang sangat besar dalam pengembangan layanan.



Ekosistem teknologi finansial (tekfin) di Indonesia sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Inovasi di bidang jasa keuangan yang didorong oleh perkembangan tekfin di Indonesia mampu mendorong inklusi keuangan, meningkatkan literasi masyarakat Indonesia, hingga memberi dampak positif untuk situasi perekonomian yang dipicu oleh tumbuhnya volume dan nilai transaksi belanja.

Tumbuhnya volume dan nilai transaksi juga dialami oleh sektor industri pembayaran tagihan. Sebagai salah satu jenis transaksi yang paling sering dilakukan masyarakat, sektor pembayaran tagihan merupakan industri dengan potensi yang sangat besar.

Potensi di Balik Sektor Pembayaran Tagihan

Besarnya potensi di sektor ini dipengaruhi dua hal. Pertama, jumlah pelanggan yang sangat besar, yakni mencakup hampir seluruh penduduk usia produktif dan usia dewasa di Indonesia yang jumlahnya mencapai lebih dari 200 juta jiwa di tahun 2020. Segmen demografi ini memiliki kebutuhan untuk membayar berbagai jenis tagihan, mulai dari tagihan listrik, iuran BPJS kesehatan, pulsa, paket data internet, biaya edukasi, biaya sewa dan perawatan rumah atau apartemen, dan sebagainya.

Kedua, kebanyakan pembayaran tagihan merupakan jenis transaksi yang berulang. Berbeda dari beberapa kategori produk lain yang cukup dibeli sekali dalam rentang beberapa tahun, tagihan-tagihan seperti listrik dan air merupakan kebutuhan wajib yang harus dibayar setiap bulannya. Tagihan lain yang bukan merupakan kebutuhan pokok seperti TV kabel dan layanan hiburan lainnya juga cenderung memiliki masa berlangganan yang cukup lama, sehingga potensi untuk terjadinya transaksi berulang sangat tinggi.

Hal tersebut juga didukung oleh hasil riset internal yang dilakukan oleh Ayoconnect, sebuah perusahaan penyedia Jaringan Pembayaran Tagihan Terbuka (Open Bill Network) yang memiliki lebih dari 3.000 produk tagihan dan produk digital dari 25 kategori dalam jaringannya. Melalui data yang diambil dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) pada bulan Maret 2020, Ayoconnect menemukan bahwa pembayaran tagihan berulang (recurring bill payment) berkontribusi terhadap 80% pengeluaran non-makanan penduduk Indonesia setiap bulannya. Pembayaran tagihan berulang ini terdiri dari biaya tempat tinggal, pembayaran utilitas seperti air, listrik, dan gas, pendidikan, kesehatan, asuransi, pajak, telekomunikasi, dan sebagainya.

Dukungan Teknologi Digital untuk Layanan Pembayaran Tagihan

Di masa lalu, kegiatan membayar tagihan merupakan hal yang kerap menghabiskan banyak waktu dan tenaga, bahkan biaya. Hal ini disebabkan oleh metode dan kanal pembayaran tagihan yang terbatas dan tidak adanya integrasi data sehingga mengakibatkan antrean mengular di berbagai lokasi. Kemajuan teknologi dan internet memberikan terobosan luar biasa yang membuat berbagai jenis tagihan bisa dibayar kapan pun dan di mana pun.

Selain itu, penduduk Indonesia juga memiliki tingkat adopsi internet dan solusi digital yang cukup tinggi. Berdasarkan survei oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia tahun 2020, penetrasi pengguna internet di Indonesia telah mencapai lebih dari 196 juta jiwa atau setara dengan 73,7% dari total populasi penduduk. Dalam laporan lain yang dirilis Katadata pada tahun yang sama, dua dari tiga penduduk Indonesia dari Generasi Y telah menggunakan jasa keuangan dalam kombinasi bank konvensional, dompet digital, dan internet banking.

Mendukung data tersebut, riset yang dilakukan oleh Jakpat pada bulan April hingga Juni lalu menyatakan bahwa dompet digital adalah metode pembayaran yang paling diminati oleh oleh pengguna internet berusia 25-35 tahun. Sebanyak 76% responden juga tercatat menggunakan dompet digital untuk top-up pulsa dan paket data, serta 41% responden menggunakan dompet digital untuk membayar tagihan utilitas.

Berbagai temuan tersebut menunjukkan bahwa dukungan inovasi teknologi memiliki peran yang sangat besar dalam pengembangan layanan pembayaran transaksi, termasuk transaksi tagihan.


Integrasi Melalui API Sebagai Solusi Industri Pembayaran Tagihan

Banyaknya jenis dan jumlah transaksi tagihan yang ada juga menghadirkan tantangan tersendiri bagi penyedia tagihan, platform konsumen, dan institusi finansial. Salah satu permasalahan dalam ekosistem pembayaran tagihan di Indonesia saat ini adalah sedikitnya integrasi, digitalisasi, dan otomasi antara perusahaan penyedia tagihan dengan perusahaan yang menyediakan layanan pembayaran tagihan. Melakukan integrasi melalui API (application programming interface) dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah-masalah ini.

“Jaringan Ayoconnect menyediakan solusi berbasis teknologi yang mengintegrasikan berbagai produk tagihan dan produk digital dalam satu API,” jelas COO Ayoconnect, Chiragh Kirpalani.

API Ayoconnect memungkinkan perusahaan penyedia tagihan — seperti perusahaan telekomunikasi, pengelola apartemen, institusi pendidikan, asuransi, dan sebagainya — untuk memperluas titik pembayaran mereka dengan cepat dan mudah. Di sisi lain, perusahaan yang banyak bersinggungan langsung dengan pelanggan, seperti e-commerce, bank, toko ritel, hingga aplikasi tekfin lainnya, dapat menghadirkan akses ke 3.000 produk tagihan dari 25 kategori bagi pelanggannya secara instan.

“Dengan jaringan produk tagihan dan produk digital yang terintegrasi dan dilengkapi dengan fitur-fitur otomasi, solusi Ayoconnect menguntungkan pelaku usaha sekaligus meningkatkan kenyamanan bertransaksi konsumen”, ungkap Chiragh.

Berkembangnya ekosistem tekfin di Indonesia juga menjadi salah satu bagian dari pertumbuhan ekosistem startup dan bisnis teknologi di Indonesia. Sebagai media informasi sekaligus perusahaan inovasi, DailySocial.id selalu berusaha menghadirkan data dan referensi hasil penelitian yang akurat mengenai perkembangan industri tersebut.

Didukung oleh Ayoconnect, DailySocial.id telah menerbitkan hasil riset mengenai perkembangan ekosistem tekfin di Indonesia dalam laporan bertajuk Fintech Report 2020 yang dapat diunduh di dly.social/fintechreport2020.



Artikel ini pertama kali diterbitkan di DailySocial. Disusun oleh: JuLi Andrian.


Perusahaan

Industri

Ikuti Kami

  • linkedin
  • Instagram

PT. Ayopop Teknologi Indonesia

APIC Building Wahid Hasyim, Jalan Wahid Hasyim

No 154 - 156, Tanah Abang Central Jakarta - 10250

Anggota

Tersertifikasi

Siap terhubung dengan kami?

© 2021 Ayoconnect

Apa itu Ayoconnect?

Ayoconnect adalah perusahaan teknologi finansial yang membangun platform API finansial untuk mendorong perusahaan di semua sektor mengembangkan bisnis mereka melalui produk inovatif berbasis API. Didorong oleh misi untuk memajukan ekonomi digital Indonesia melalui teknologi, kami membangun solusi berbasis API untuk menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan bagi perusahaan untuk terhubung dengan layanan dan lembaga keuangan lainnya.

Ayoconnect berkomitmen untuk mengatasi tantangan kompleks dengan solusi yang relevan. Sejak 2016, Ayoconnect telah membantu lebih dari 1.000 perusahaan untuk mempercepat pertumbuhan bisnis, meningkatkan retensi pelanggan, dan mengembangkan pendapatan mereka dengan solusi berbasis teknologi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan unik setiap perusahaan.

 

Tentang Open API Ayoconnect

API (Application Programming Interface) adalah sistem komputasi yang menjembatani interaksi antara berbagai aplikasi software atau antara software dan hardware. Jaringan Open API Ayoconnect berisi sekumpulan fungsi, protokol, dan perintah yang dibutuhkan seorang programmer untuk membangun interkoneksi antar sistem yang stabil dan cepat. Pemanfaatan Open API Ayoconnect memungkinkan para penyedia jasa untuk bekerjasama dalam berinovasi membangun solusi yang saling menguntungkan pelaku bisnis dan konsumen.

Apa itu Billing APIs Ayoconnect?

Billing APIs Ayoconnect adalah sekumpulan API yang menghubungkan perusahaan penyedia tagihan (seperti PLN, PDAM, operator seluler, lembaga jasa keuangan, dan sebagainya) dan perusahaan bill aggregator dengan platform konsumen online (seperti e-commmerce, dompet digital, dan aplikasi mobile) dan offline (seperti ritel waralaba, warung, e-commerce, dompet digital, bank, dan lainnya) dalam sebuah ekosistem terpadu melalui satu integrasi. Saat ini, Billing APIs Ayoconnect terdiri dari solusi Transaction API dan Payment Point API.

Sebagai contoh, bill aggregator dan operator seluler yang berintegrasi dengan Billing APIs Ayoconnect dapat dengan mudah dan cepat mendistribusikan penjualan pulsa dan paket data mereka melalui situs e-commerce, e-wallet, warung, agen PPOB, dan jaringan minimarket di seluruh penjuru Indonesia. Hal yang sama berlaku bagi perusahaan utilitas seperti PLN dan PDAM. Melalui integrasi dengan API Ayoconnect, pelanggan listrik dan air dapat melakukan pembayaran listrik pascabayar, membeli token listrik, dan membayar tagihan air bulanan melalui channel online dan offline. Contoh lainnya, pelanggan dompet digital yang tidak memiliki rekening bank juga dapat melakukan top up saldo e-wallet favorit mereka melalui jaringan ritel offline yang sudah terhubung ke API Ayoconnect.

 

Tentang Transaction API Ayoconnect

Solusi Transaction API Ayoconnect membuka akses ke berbagai produk digital seperti pulsa, paket data, token listrik, tagihan air, top-up e-money, voucher game dan streaming, pembayaran kartu kredit, pinjaman multifinance, dan masih banyak lagi. Solusi Transaction API Ayoconnect membantu platform konsumen online dan offline membangun layanan penjualan produk pulsa, isi ulang paket data, pembayaran token PLN, pembayaran tagihan internet dan tv kabel, top up e-wallet, dan penjualan voucher game serta produk digital lainnya dengan lebih mudah dan cepat. Membangun fitur pembayaran tagihan online maupun offline akan membantu memaksimalkan keuntungan bisnis sekaligus meningkatkan kesetiaan pelanggan Anda. 

 

Untuk platform konsumen online seperti e-commerce dan aplikasi mobile, fitur pembayaran tagihan online merupakan fitur yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran tagihan, mulai dari isi pulsa, paket data, token listrik, tagihan internet dan tv kabel, tagihan air, premi asuransi, top up e-wallet, hingga pembelian voucher game kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi mobile atau situs online. 

 

Untuk platform konsumen offline seperti jaringan agen PPOB, warung, supermarket, dan minimarket, layanan pembayaran tagihan offline dipastikan akan memudahkan pelanggan Anda yang belum memiliki akses ke rekening bank atau platform online untuk melakukan pembayaran tagihan menggunakan uang kas atau saldo e-wallet.

 

Tentang Payment Point API Ayoconnect

Mayoritas penduduk Indonesia memiliki tagihan untuk dibayar setiap bulannya. Saat ini, pembayaran tagihan bisa dilakukan melalui berbagai metode online dan offline. Sebagai contoh, seorang pelanggan memiliki opsi untuk melakukan pembelian pulsa dan token listrik di kios, minimarket, hingga aplikasi digital. Kondisi di mana pelanggan memiliki berbagai pilihan kanal pembayaran tagihan dimungkinkan oleh kemajuan teknologi. Solusi Payment Point API Ayoconnect merupakan salah satu teknologi yang membantu perusahaan penyedia tagihan untuk menjangkau ratusan juta pelanggan di seluruh penjuru Indonesia melalui satu kali integrasi. 

 

Perusahaan penyedia tagihan dan bill aggregator yang terintegrasi dengan solusi Payment Point API Ayoconnect dapat mengakses jutaan kanal pembayaran online dan offline di seluruh Indonesia secara instan. Dengan solusi Payment Point API Ayoconnect, perusahaan bill aggregator maupun perusahaan penyedia tagihan seperti operator seluler, PLN, PDAM, asuransi, jasa internet dan tv kabel, penjual voucher game, asuransi, multifinansial, e-wallet, dan bankdapat dengan mudah mengakses jutaan kanal pembayaran online dan offline. Integrasi ke Payment Poing API Ayoconnect untuk memungkinkan pelanggan Anda membayar tagihan di situs e-commerce, aplikasi mobile, agen PPOB, dan ritel waralaba terkemuka di Indonesia. 

 

Tentang Bisnis PPOB di Indonesia

PPOB atau Payment Point Online Bank adalah platform keuangan berbasis keagenan untuk mengelola pembayaran berbagai jenis tagihan secara online. API Ayoconnect memungkinkan berbagai perusahaan PPOB di Indonesia untuk menyediakan jasa penjualan produk tagihan yang lengkap bagi agennya. Produk tagihan yang bisa dibayar melalui PPOB yang memanfaatkan jaringan API Ayoconnect antara lain pembelian pulsa dan paket data, tagihan internet dan tv kabel, listrik pascabayar, token listrik, tagihan air PDAM, asuransi, kartu kredit, multifinance, hingga voucher game.