• Ayoconnect

Cara Menjaga Produktivitas Organisasi Sebagai Global Remote Startup

Diperbarui: Mei 8

Organisasi jarak jauh membutuhkan pendekatan inovatif untuk memastikan bahwa karyawan tetap memiliki fasilitas yang mendukung perkembangannya. Selain itu, perusahaan juga perlu mencari cara untuk mempertahankan produktivitas karyawannya. Strategi apa yang dapat diterapkan perusahaan untuk menjaga kepuasan dan produktivitas karyawan dari jarak jauh? Apakah perusahaan Indonesia siap untuk memulai era baru ini?




Pada Rabu (17/3), Ayoconnect bekerja sama dengan Mekari mengadakan webinar untuk menjelaskan inisiatif dan software tools yang sudah diterapkan oleh perusahaan remote dan hybrid di organisasinya. Dengan tema Menjaga Produktivitas Organisasi Sebagai Global Remote Startup, webinar ini dipimpin oleh Alex Jatra (CFO Ayoconnect) dan Suwandi Soh (CEO Mekari) sebagai narasumber dengan moderator Ricky Surya Putra (Head of Talent Acquisition Mekari).


Ayoconnect adalah startup fintech B2B yang menyediakan solusi pembayaran tagihan melalui Open Bill Network. Perusahaan ini memiliki dua kantor pusat di Pune, India dan Jakarta, Indonesia sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk menjadi remote organization pada awal tahun 2020. Hingga saat ini, Ayoconnect telah mempekerjakan lebih dari seratus anggota dengan rasio pekerja perempuan 40% dari tiga zona waktu dan dua negara. Menandai ulang tahun pertamanya untuk bekerja dari jarak jauh, upaya Ayoconnect dalam memanfaatkan alat produktivitas berbasis teknologi dan penerapan berbagai inisiatif inklusif telah menghasilkan skor kepuasan karyawan 8,2 dari 10.


Alex memperkenalkan beberapa inisiatif yang telah diterapkan Ayoconnect, “Sejak awal dibangun, Ayoconnect sudah memiliki anggota tim dari dua negara. Hal ini membuat kerja jarak jauh sudah menjadi inti utama dari model budaya kerja kami. Di satu sisi, kondisi ini telah membuat kami lebih siap untuk menerapkan work from home sebelum pandemi. Untuk meningkatkan produktivitas dan keterlibatan karyawan, kami terus mendorong beberapa inisiatif seperti Ayocare dan Ayolearn,” kata Alex.


“Ayocare adalah serangkaian program yang berfokus pada kesehatan fisik dan mental. Inisiatif ini memiliki empat program; Ayofit, Ayopeace, Ayohealth, dan yang terbaru adalah Hotline Ayocare di mana anggota kami dapat memesan sesi konsultasi pribadi tanpa campur tangan organisasi dengan psikolog terlatih secara gratis. Setiap karyawan Ayoconnect juga diperbolehkan membeli buku tentang pengembangan diri di bulan ulang tahun mereka dan mendapatkan penggantian dari pembelian tersebut, ”jelas Alex.





Selain itu, Ayoconnect juga memberikan kesempatan kepada anggota timnya untuk mendaftar kursus online secara gratis.


Suwansi Soh sebagai CEO dari Mekari juga memiliki tim yang bekerja dari berbagai kota dan negara sebelum pandemi COVID-19. Dia mengakui bahwa mengubah budaya perusahaan secara drastis dapat menjadi tantangan, tetapi transisi menjadi organisasi dengan pengaturan kerja jarak jauh atau hybrid dapat dimulai dengan tahap uji coba.


“Sebagai contoh, perusahaan dapat memulai dengan mengizinkan karyawan untuk bekerja dari rumah selama satu atau beberapa hari dalam seminggu, atau menerapkan transisi ke tim kecil terlebih dahulu. Dari sini, perusahaan bisa mengevaluasi mana yang terbaik untuk organisasinya,” sarannya.


Ketika ditanya tentang masa depan pekerja jarak jauh di Indonesia, Suwandi menjawab, “Terlepas dari pekerjaan jarak jauh, pandemi telah membuktikan bahwa sangat penting bagi setiap perusahaan untuk benar-benar menyesuaikan diri dengan solusi berbasis teknologi guna membantu perusahaan tumbuh lebih cepat dan menjadi lebih efisien. ”


Materi presentasi webinar tersedia untuk Anda akses di sini: