• Ayoconnect

Bagaimana Ayoconnect Raih $ 10 Juta Untuk Membangun Jaringan Open Bill Pertama di Indonesia

Diperbarui: Mei 8

Jakob Rost pindah ke Indonesia dari Berlin lebih dari 7 tahun yang lalu untuk menjadi Managing Director Lazada. Jakob kemudian membangun Pasar Lazada dari nol hingga 70% GTV dan mengelola perluasan geografis.




Sebelum sampai di Tanah Air, Jakob merupakan seorang konsultan manajemen untuk The Boston Consulting Group dengan proyek di Perbankan dan Jasa Keuangan. Setelah Lazada diakuisisi oleh Alibaba, Jakob mendirikan Ayoconnect bersama dengan dua pendiri lainnya dimana ia tetap menjadi CEO sampai hari ini. Saat ini Jakob bersama istri yang berstatus kewarganegaraan Indonesia dikaruniai satu anak perempuan dan tinggal penuh waktu di Jakarta.


Ayoconnect adalah Jaringan Tagihan Terbuka (Open Bill Network) pertama di Indonesia yang menawarkan lebih dari 2.500 produk bill dari 20 kategori. Jaringan tersebut menghubungkan Penyedia Tagihan seperti Utilitas, Telekomunikasi, Agregator, atau Penerbit dengan Platform dan Lembaga Keuangan yang Menghadapi Konsumen. Kategori tagihan favorit termasuk kredit telepon, pembayaran listrik, dan voucher game.


Perusahaan ini baru saja menyediakan solusi pembayaran properti dan uang sekolah berulang. Hingga saat ini, Ayoconnect telah memproses lebih dari 40 juta transaksi, sekaligus membantu Mitra Saluran (Channel Partner) untuk menawarkan dan memonetisasi pembayaran tagihan kepada pelanggan mereka. Di sisi lain, perusahaan atau usaha Penyedia Tagihan dapat menggunakan jaringan Ayoconnect untuk mengumpulkan pembayaran tagihan berulang konsumen dengan lebih cepat dan lebih murah.


Ayoconnect mengoperasikan, memelihara, memperluas jaringan serta menyediakan teknologi infrastruktur backend yang relevan untuk berbagai ukuran institusi dan perusahaan.


Dalam wawancara eksklusif dengan AsiaTechDaily, Jakob mengatakan:

Memenuhi produk yang sesuai dengan pasar adalah kunci keberhasilan peluncuran (re: produk), tetapi itu hanyalah sebagian kecil tantangan yang perlu dihadapi. Elemen sesungguhnya adalah mencari peluang untuk menawarkan teknologi sebagai solusi kepada masyarakat. Kuncinya terletak pada pemahaman di mana posisi Anda berada dan tumbuh dari titik tersebut. Selalu berusaha menjadi pemecah masalah yang menyediakan solusi jangka panjang.
Saya ingin putri saya menemukan jalan terbaiknya, apakah itu pilihan karier, hobinya, dll. Dengan media sosial yang sudah tersedia di awal kehidupannya, menurut saya penting bagi generasi berikutnya untuk mengetahui posisi mereka di dunia nyata—alih-alih terlalu terjebak dalam timeline mereka. Yang paling penting, saya ingin dia tahu bahwa jalan apa pun yang dia pilih, dia harus percaya pada diri dan ambisinya dan semangat dalam memperjuangkannya.

Baca lebih lanjut untuk mengetahui lebih banyak tentang Jakob Rost dan perjalanannya.



Apa yang memotivasi dan melatarbelakangi Anda untuk memulai perusahaan Anda?


Jakob Rost: Saya memiliki latar belakang bisnis dan manajemen dan bekerja pada perbankan investasi dan konsultasi manajemen selama beberapa tahun di Eropa. Suatu hari saya menerima telepon yang mengatakan bahwa mereka adalah perusahaan dengan visi membangun e-commerce di Asia Tenggara dan mencari orang-orang yang berjiwa petualang untuk tampil dan mewujudkan ide tersebut. Singaktnya, dati situlah saya kemudian menjadi Managing Director Lazada, Indonesia.


Pada tahun 2016, Alibaba memperoleh kendali atas Lazada dengan investasi awal $ 1 miliar, dan saat itulah saya berpikir lanskap layanan teknologi mulai terbentuk di negara ini. Saya segera menyadari bahwa sistem pembayaran tagihan sebagian besar bersifat offline, terfragmentasi, dan manual. Bersama seorang teman saya, kami memutuskan untuk membangun sebuah perusahaan teknologi di sekitarnya yang dapat membangun infrastruktur dasar untuk pembayaran tagihan digital yang lancar, aman, dan cepat, yang kini menjadi Ayoconnect.


Apa produk utama Anda saat ini, dan apa cerita di balik pivot produk sebelumnya ke produk saat ini?


Jakob Rost: Jaringan nasional Ayoconnect menghubungkan lebih dari 1.000 penyedia tagihan dan mitra yang tersedia untuk seluruh konsumen di 34 provinsi, termasuk perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, perusahaan utilitas milik negara, platform e-commerce, bank, dan pengecer online dan offline. Kami menerapkan "teknologi penagihan cerdas" yang digabungkan dengan layanan inovatif untuk memberikan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis para mitra. Solusi kami juga mendorong ROI yang lebih baik untuk mitra sehingga mereka dapat mengembangkan dan mengelola bisnis dengan lebih efektif. Saat ini, kategori tagihan utama kami meliputi kredit telepon, pembayaran listrik, dan voucher game. Kami juga baru-baru ini merilis solusi untuk properti berulang dan pembayaran uang sekolah serta pajak kendaraan dan produk pajak properti.


Kami memulai ini pada akhir 2015, tetapi model bisnis kami telah secara resmi bermigrasi dari B2C ke B2B sejak Juni 2020 untuk memberikan solusi yang lebih baik untuk pengalaman yang mulus dan layanan penagihan digital yang lebih inklusif kepada mitra kami.


Berapa total pendanaan yang telah Anda kumpulkan sejauh ini? Kapan tepatnya pendanaan ini berhasil dikumpulkan?


Jakob Rost: Kami telah mengumpulkan US $ 5 juta dalam pendanaan Pra-Seri B dari investor global strategis dan telah mengumpulkan lebih dari US $ 10 juta. Kedepannya, kami berharap dapat terus bekerja sama dengan investor kami yang sejalan dengan visi Ayoconnect — mengatur seluruh ekosistem biller Indonesia ke dalam satu jaringan pusat.


Apa proses keputusan internal dalam menentukan kapan memulai penggalangan dana, dan bagaimana prosesnya? Lalu berapa banyak investor yang telah Anda temui sejauh ini, dan bagaimana Anda membangun komunikasi dengan mereka?


Jakob Rost: Kami mencari investor yang memiliki visi yang sama dengan Ayoconnect untuk memajukan fintech guna meningkatkan inklusi keuangan Indonesia dan memberdayakan ekonomi digital Indonesia. Mereka harus dapat memberikan nilai pada bisnis lebih dari sekedar dana yang mereka suntikkan. Ini bisa dalam bentuk pengalaman, jaringan, atau kecocokan strategis.


Dana Pra-seri B kami akan digunakan untuk investasi teknologi dan menumbuhkan jaringan kemitraan kami untuk menjembatani kesenjangan antara Penyedia Tagihan dan Mitra Penyalur dengan infrastruktur yang kuat yang mampu memberikan layanan pembayaran tagihan digital yang andal, aman, dan cepat kepada mitra kami.


Karena itu, kami sangat beruntung memiliki kesempatan untuk mendapat dukungan dari beberapa perusahaan paling berpengalaman di wilayah ini. Investor putaran ini termasuk BRI Ventures, cabang modal ventura korporasi Bank BRI, perusahaan internet yang terdaftar di Bursa Tokyo (TYO) Kakaku.com, Inc., dan Brama One Ventures. Spesialis fintech global Finch Capital dan Amand Ventures juga turut berpartisipasi dalam putaran ini. Investor lain yang ada di Ayoconnect termasuk Strive dan AC Ventures.


Apa tantangan dan hambatan terbesar yang Anda hadapi dalam proses penggalangan dana? Jika Anda harus memulai kembali, apa yang akan Anda lakukan secara berbeda?


Jakob Rost: Pandemi yang melanda pada awal tahun ini telah mengguncang keuangan seluruh dunia. Investor menjadi lebih berhati-hati dan menghindari risiko. Namun, kami segera menemukan bahwa teknologi kami adalah solusi yang lebih dibutuhkan oleh masyarakat, penyedia tagihan, dan platform yang berhubungan dengan konsumen Indonesia di masa sekarang.


Kami melihat peningkatan jumlah transaksi setiap bulan. Di tengah situasi pandemi COVID-19, bisnis kami akan tetap fokus pada penyediaan pembayaran tagihan inklusif dengan membangun lebih banyak solusi bernilai tambah bersama dengan mitra kami.


Apa pencapaian Anda untuk putaran selanjutnya? Dan apa tujuan Anda di masa depan?


Jakob Rost: Kami akan tetap berdedikasi pada industri pembayaran tagihan. Ayoconnect terus berinovasi untuk membangun lebih banyak solusi bernilai tambah untuk dapat ditawarkan kepada klien kami (penyedia tagihan dan mitra saluran). Beberapa solusi yang sedang kita kembangkan berfokus untuk memberikan kepada ratusan ribu mikro biller. Jaringan di sektor ini memililki potensi yang luar biasa dan dengan penawaran rangkaian produk 360º yang kami tawarkan, kami optimis untuk masa depan. Kami juga memiliki beberapa proyek dan pengumuman menarik yang siap luncur dalam waktu dekat.


Bagaimana Anda menarik pengguna, dan dengan strategi apa Anda mengembangkan perusahaan Anda dari awal hingga sekarang?


Jakob Rost: Kami adalah perusahaan B2B, jadi sebagian besar klien kami adalah perusahaan utilitas, BUMN, perusahaan swasta, dan lembaga keuangan. Memahami perjuangan yang dihadapi klien dan mitra kami dan mampu menyelesaikannya dengan solusi yang sangat mereka butuhkan merupakan nilai jual utama kami.


Selain itu kami terus membina hubungan dengan mitra kami guna meningkatkan kinerja kami sekaligus mendapatkan wawasan berharga dari mereka. Sebagai Jaringan B2B Terkemuka untuk pembayaran langganan dan solusi barang digital, Ayoconnect telah tumbuh secara signifikan dengan menyediakan solusi inovatif yang memecahkan masalah nyata.


Platform apa yang mendukung pertumbuhan startup Anda, dan apa alasan Anda menggunakannya?


Jakob Rost: Kami menemukan bahwa sebagian besar industri yang membutuhkan layanan penagihan dan jaringan akan terlebih dahulu mendekati kami, tetapi kami juga menumbuhkan audiens kami secara organik. Saat ini, kami sedang memproses integrasi untuk diintegrasikan dengan API kami. Selama beberapa tahun terakhir, kami berinvestasi besar dalam membangun platform teknologi yang dapat terus dikembangkan sesuai kebutuhan. Keputusan itu sekarang terbayar dengan baik.


Apa kesalahan yang banyak dilakukan oleh startup saat memasarkan produknya secara umum?


Jakob Rost: Memahami target pelanggan Anda, apakah itu B2B atau B2C, adalah kuncinya. Dengan memahami ini Anda secara langsung dapat mengetahui saluran dan pesan yang tepat. Ini juga menjadi pengalaman belajar bagi kami, terutama di masa-masa awal. Jika dilakukan dengan kurang tepat, banyak waktu dan uang yang terbuang percuma. Lebih jauh lagi, kami percaya bahwa pemasaran saat ini semakin membutuhkan waktu lama. Membangun reputasi dan merek yang tepat membutuhkan waktu; tidak ada kemenangan cepat. Kami menyadari bahwa kami ingin menjadi mitra jangka panjang untuk klien kami dan mendukung mereka dengan perjalanan pertumbuhan mereka sepanjang jalan.


Bagaimana Anda berencana untuk berkembang secara global?


Jakob Rost: Indonesia memiliki total 272,1 juta penduduk. Pembayaran tagihan, seperti gas, air, utilitas, langganan internet, asuransi, sewa, pembayaran uang sekolah, dan sebagainya, merupakan bagian penting dari PDB keseluruhan. Ini adalah ekosistem yang sangat besar, sangat terfragmentasi dan memiliki potensi besar untuk peningkatan kesempatan tanpa batas: di situlah kami akan mengarahkan fokus kami untuk saat ini.


Strategi kami adalah mengembangkan solusi yang efisien dan tanpa hambatan untuk ekosistem biller di Indonesia: baik untuk mitra dalam segi mengumpulkan pembayaran tagihan maupun untuk pelanggan-akhir agar mereka memiliki pengalaman bertransaksi yang mudah, nyaman dan aman. Kami memiliki individu paling berbakat dan termotivasi yang bekerja sama dari jarak jauh dari dua negara untuk mencapai ini. Pusat teknologi kami berlokasi di Pune, India, sedangkan kantor pusat bisnis kami berada di Jakarta, Indonesia.


Apa kesalahan paling umum yang dilakukan perusahaan saat memutuskan ekspansi global?


Jakob Rost: Kami melihat kebutuhan akan teknologi billing dan pembayaran tagihan serta digitalisasi di banyak pasar di luar Indonesia. Tetapi kami juga menyadari bahwa pasar Asia sangat beragam dalam hal budaya, bahasa, mata uang, dan sistem politik. Ini membutuhkan pendekatan khusus dan sangat terlokalisasi.


Bagaimana Anda menangani situasi wabah COVID-19 ini untuk kelangsungan hidup perusahaan Anda di masa mendatang?


Jakob Rost: Pada awal Maret, kami beralih ke WFH untuk memastikan keamanan tim kami dan terus mengevaluasi kebijakan dan SOP untuk menjaga efektivitas kerja. Kami juga sangat berhati-hati dan berhati-hati tentang pengeluaran kami. Meskipun membantu bisnis mitra kami untuk berkembang adalah prioritas utama kami, kami terus berinovasi lebih banyak solusi bernilai tambah yang nantinya akan meningkatkan pendapatan kami.


Apa kesalahan paling umum yang dilakukan para pendiri saat mereka memulai perusahaan?


Jakob Rost: Ada beberapa yang umum; hal terpenting yang saya temukan sejauh ini adalah menemukan Product Market Fit (PMF) yang tepat. Menemukan produk yang sesuai dengan pasar merupakan prasyarat untuk pertumbuhan yang dapat dikelola dan stabil; sebuah perusahaan hanya dapat menghasilkan produk yang proporsional ketika mereka berfokus pada apa yang benar-benar dibutuhkan pelanggan. Satu hal yang perlu menjadi sorotan adalah tanggapan konsumen. Dengan alat yang tepat, informasi ini dapat memberi Anda wawasan tentang apakah produk Anda diterima dengan baik, apakah siap untuk digunakan menjadi produk minimum yang layak untuk produksi selanjutnya atau harus kembali mematangkan konsep. Kegagalan dalam proses ini biasanya mengakibatkan peluncuran solusi dengan kekuraangan dalam product market fit dan tidak ramah pengembangan dalam segi bisnis.


Apa saran terbaik yang pernah Anda terima? Dan nasihat apa yang Anda miliki untuk seseorang yang tertarik melakukan hal atau arah yang serupa seperti Anda?


Jakob Rost: Pahami di mana Anda berada dan tumbuh darinya. Mencapai kesesuaian pasar produk adalah kunci keberhasilan peluncuran, tetapi itu hanyalah elemen lain di dunia tempat konsumen menghadapi tantangan baru yang memungkinkan teknologi untuk masuk sebagai solusi. Menurut saya, nasihat terbaik adalah menjadi pemecah masalah, yang berdampak pada jangka panjang.


Apa tiga buku atau film teratas (serial TV) yang mengubah hidup Anda dan mengapa?


Jakob Rost: Saya biasanya menikmati film bisnis atau serial TV seperti Suites atau Billions. Saya mendengar bahwa The Succession juga menarik, tetapi saya belum sempat menontonnya.


Bagaimana Anda membangun motivasi setiap hari?


Jakob Rost: Kegembiraan tentang apa yang kami bangun, dampak yang kami buat, bagaimana kami mengubah digitalisasi dalam ekosistem keuangan dan penagihan benar-benar telah memotivasi saya dan seluruh tim. Secara pribadi, saya merasa memiliki rutinitas juga membantu memotivasi saya. Saya mencoba menerapkan ini ke tim saya dengan mengadakan pertemuan pagi online 30 menit setiap hari untuk kepala departemen.


Ini dirancang untuk membuat semua orang sadar akan pembaruan baru dan apa yang perlu dilakukan serta menciptakan gaya hidup yang biasa. Bekerja sama dan bergandengan tangan dengan seluruh tim untuk mewujudkan visi kami juga merupakan sesuatu yang membuat saya terus menantikan hari esok.


Apa tiga pelajaran hidup teratas yang Anda ingin putra dan putri Anda (masa depan) ketahui?


Jakob Rost: Saya ingin putri saya menemukan jalan terbaiknya, apakah itu pilihan karier, hobinya, dll. Dengan media sosial yang sudah tersedia di awal kehidupannya, menurut saya penting bagi generasi berikutnya untuk mengetahui posisi mereka di dunia nyata—alih-alih terlalu terjebak dalam timeline mereka. Yang paling penting, saya ingin dia tahu bahwa jalan apa pun yang dia pilih, dia harus percaya pada diri dan ambisinya dan semangat dalam memperjuangkannya


Anda ingin dikenang untuk apa?


Jakob Rost: Memainkan peran kecil yang penting dalam mendorong ekosistem teknologi Asia Tenggara dan membentuk perkembangannya di masa-masa awal bersama Lazada dan Alibaba, melalui perusahaan kami sendiri Ayoconnect, atau dengan mendorong para pendiri dan perusahaan baru untuk memulai dan tumbuh dan membantu mereka sepanjang jalan.


TArtikelnya pertama kali diterbitkan di Asia Tech Daily pada 12 November 2020.