• Ayoconnect

Digitalisasi Pembayaran, Ayoconnect Gandeng 92 Pemda


Lalu lintas kendaraan bermotor di tengah gedung perkantoran di Jakarta. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)menyumbang pemasukan senilai trilyunan rupiah bagi DKI Jakarta. Pembayaran PBB dan PKB kini bisa dilakukan melalui jaringan Ayoconnect.
Lalu lintas kendaraan bermotor di tengah gedung perkantoran di Jakarta.

Meningkatnya pemahaman pemerintah daerah akan digital menjadi peluang pertumbuhan bagi perusahaan rintisan teknologi untuk masuk ke pasar pemerintah dan membantu mereka berkembang.


Co-Founder & COO Ayoconnect Chiragh Kirpalani mengatakan pemerintah daerah (pemda) memiliki visi yang baik dengan digitalisasi serta sudah menjadikan digitalisasi pembayaran sebagai agenda prioritas mereka.


Untuk mendorong penetrasi Ayoconnect di pemerintah daerah, kata Chiragh, perseroan meluncurkan solusi yang memungkinkan pemerintah daerah menerima pembayaran pajak dari warganya dengan lebih cepat. Solusi tersebut baru saja diluncurkan pada bulan ini dan mendapat respons positif dari puluhan pemerintah kabupaten/kota.


“Ayoconnect baru saja bermitra dengan pemerintah daerah untuk menangani pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di 92 kabupaten dan kota," kata Chiragh kepada Bisnis.com, Rabu (26/8/2020).

Dia mengakui meski solusi yang diberikan mendapat respons positif, untuk masuk ke pasar pemerintah terdapat sejumlah tantangan. Pemerintah daerah umumnya tidak tahu harus memulai dari mana dan siapa mitra yang tepat untuk menjalankan agenda digitalisasi.

Beberapa pemerintah daerah bahkan menghabiskan anggaran lebih besar dari yang diperlukan untuk membangun teknologi yang dibutuhkan.


“Padahal perusahaan seperti Ayoconnect sudah memiliki infrastruktur eksisting yang sudah siap untuk menjalankan agenda digitalisasi tersebut dalam waktu singkat,” kata Chiragh.

Chiragh mengungkapkan perseroan pada tahun ini dalam jalur mengejar target transaksi pembayaran senilai Rp 100 triliun per tahun melalui jaringan Ayoconnect.


Artikel ini pertama kali diterbitkan di Bisnis Indonesia. Disusun oleh: Leo Dwi Jatmiko.