• Ayoconnect

"Cracking Investors for Your Startup": Sesi Mentoring COO Ayoconnect di HIMFEST Binus

Diperbarui: 18 Okt 2021

Sabtu (9/10), Founder & COO Ayoconnect, Chiragh Kirpalani, berpartisipasi sebagai pembicara di webinar yang diselenggarakan oleh HIMME BINUS bertajuk HIMFEST.





HIMFEST merupakan konferensi daring yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMME) Binus University. Acara tahunan yang telah diadakan untuk kelima kalinya ini turut mengundang Maliekah Harjani, Investment Associate AC Ventures, dan Martyn Terpilowski, Founder Bhumi Varta Technology. Pada kesempatan ini, Chiragh memberi informasi mengenai cara dan langkah memulai bisnis hingga mendapatkan investasi dari para investor kepada lebih dari 500 peserta webinar.


“Bisnis biasanya berawal dengan modal dari simpanan pribadi, pinjaman dari bank, dan pinjaman dari teman ataupun keluarga. Akan tetapi, modal yang berasal dari investor adalah sayap untuk menumbuhkan bisnis menjadi lebih maju,” jelas Chiragh.


Chiragh juga membeberkan beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mencari investor, antara lain model bisnis yang baik, hasil riset mengenai volume pasar, daftar pesaing di industri yang sama, seberapa besar dana yang akan diajukan kepada investor, serta tim inti yang solid.


Pada akhir acara, Chiragh juga memberi tips dalam mendapatkan investor. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk mempermudah proses pencarian dana antara lain mendapatkan rekomendasi dari penasihat strategis atau pendiri startup lainnya. Selain itu, pengelola bisnis juga dapat berusaha untuk mendapatkan publikasi di media masa serta mengirimkan buletin rutin kepada para investor untuk memberikan informasi rutin mengenai kemajuan dan pencapaian bisnis. Terakhir, proses pencarian dana juga dapat dipermudah dengan bergabung ke berbagai program akselerator dan inkubator seperti Surge, Y Combinator, atau Telkom Indigo.



 

Ayoconnect adalah platform API terbesar di Indonesia. Ayoconnect memungkinkan developer untuk memilih berbagai produk white-label finansial di platform API Ayoconnect dan meluncurkannya dengan cepat ke pengguna. Ayoconnect berada di latar belakang sepanjang proses ini berlangsung untuk berfokus pada pembangunan dan pengoperasian infrastruktur, seraya memfasilitasi klien untuk memonetisasi dan memperluas bisnis dengan cepat dan masif.


Sejak didirikan pada tahun 2016, kumpulan API Ayoconnect telah diadopsi oleh lebih dari 1.000 perusahaan ternama di Indonesia, termasuk perusahaan bank, ritel, e-commerce, tekfin, dan dompet digital seperti Bank Mandiri, DANA, Indomaret, dan Bukalapak. Saat ini, API Ayoconnect memproses lebih dari 300 juta klik API setiap tahunnya.


Ingin menjadi bagian dari perusahaan jarak jauh global Ayoconnect? Kunjungi laman karir kami di ayoconnect.id/career untuk melihat posisi yang tersedia!