• Ayoconnect

Ayoconnect Berikan Bimbingan untuk 30 UMKM Binaan Floratama Academy

Diperbarui: 6 Okt 2021

Pada hari Selasa (5/10), Ayoconnect berpartisipasi sebagai salah satu mentor di Floratama Academy, sebuah rangkaian program yang diinisiasi oleh Labuan Bajo Flores Tourism Authority (BPOLBF) untuk meningkatkan kemampuan para pengusaha UMKM dalam menjalankan bisnis parekraf di Flores, Alor, Lembata, dan Bima.



Pada kesempatan ini, Head of Synergy Ayoconnect Achmad Syarifuddin (Ary) membagikan pengalaman serta ilmunya mengenai cara mengelola keuangan untuk pengembangan bisnis UMKM kepada 30 peserta terpilih.


"Langkah paling mendasar yang perlu dilakukan oleh UMKM adalah memisahkan antara rekening pribadi dengan rekening usaha. Selanjutnya, pelaku usaha juga perlu menyusun laporan keuangan secara rutin dan akuntabel. Hal ini akan memudahkan UMKM untuk melakukan sales forecast, menyusun budget, serta mengajukan pinjaman usaha ke bank saat dibutuhkan," jelas Ary.

Lebih lanjut, Ayoconnect juga berkesempatan untuk membagikan sedikit informasi mengenai potensi Open Finance dalam meningkatkan inklusi finansial sekaligus mendorong pertumbuhan bisnis UMKM yang berdaya saing dan berkelanjutan. Saat ini, Ayoconnect dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sedang menjajaki peluang kerja sama dalam mewujudkan aplikasi Pandu Desa yang dapat membantu pelaku UMKM di Desa Wisata membukakan akses ke layanan finansial ke wisatawan mau pun warga lokal.


Ayoconnect mengucapkan terima kasih kepada BPOLBF dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia atas kesempatan yang telah diberikan. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat menginspirasi peserta dalam menumbuhkan bisnisnya. Informasi lebih lanjut mengenai BPOLBF dan Floratama Academy dapat diakses di tautan ini.